Garam Dapur dan Variasi nya

Garam Sebagai Element

Garam sangat umum ditemukan karena garam adalah bagian dari iklim di Bumi kita, khusus nya garam dapur. Di dalam laut misalnya mengandung berbagai macam jenis unsur garam seperti Sodium Klorida, Potassium Klorida, Magnesium Klorida, dan lain nya. Garam Sodium Klorida misalnya dapat diproses lebih lanjut menjadi garam meja / garam dapur. Karena variasi nya yang bermacam-macam garam sangat sering kita temukan di kehidupan sehari hari kita. Bentuk garam sendiri pun bermacam-macam

Garam Meja / Garam Dapur

Garam Meja / Garam Dapur adalah salah satu garam yang paling sering kita jumpai. Sebagian besar masakan yang pernah kita makan pasti menggunakan garam meja / garam dapur. Di belahan dunia mana pun, sebagian besar  Garam Meja / Garam Dapur umum nya dibuat dengan menguapkan air laut. Karena itu, di negara barat biasa nya garam ini disebut dengan sebutan Sea Salt (garam laut) ataupun unrefined salt. Bentuk nya pun bisa terbilang sedikit kasar. Kebanyakan garam meja / garam dapur telah ditambahkan iodium agar lebih bernutrisi dan untuk memperluas penyebaran yodium. Ini guna memerangi penyakit - penyakit yang dapat timbul jika kekurangan yodium.

Sodium Klorida yang telah diproses menjadi garam dapur

Garam Refined

Garam refined hampir mirip dengan garam meja / garam dapur di atas. Yang membedakan adalah garam refined telah melalui proses refinasi. Sehingga texture nya menjadi sangat halus dan lebih bersih. Di samping itu, garam refined biasa nya mengadung lebih dari 97% sodium klorida. Maka dari itu, rasa dan tingkat keasinan garam refined lebih tinggi dibanding garam laut. Dari segi mineral, garam refined biasa nya lebih sedikit dibanding garam laut. Ini karena proses refinasi menghilangkan sebagian besar zat logam dan mineral lain nya. 

garam dapur jenis refined

Garam Kosher

Garam kosher berbentuk sangat kasar dan dalam ukuran yang cukup besar. Karena ukuran nya yang cukup besar, maka garam kosher dipakai untuk ditaburkan di atas daging. Katanya daging yang ditaburkan garam kosher akan menjadi jauh lebih nikmat. Biarpun ukuran nya yang cukup besar, ternyata garam kosher sangat mudah untuk dilarutkan. Sehingga garam kosher sangat cocok untuk segala jenis masakan. Namun garam kosher kemungkinan besar tidak beriodium karena tidak ditambahkan iodium saat pembuatan nya. 

garam dapur kosher

Garam Pink Himalaya

Nah, Garam Pink Himalaya bisa disebut sebagai garam paling murni di dunia. Proses pembuatan nya pun sangat berbeda dengan garam dapur / garam meja. Ini karena Garam Pink Himalaya dipanen hanya dari Tambang Garam Khewra di Pegunungan Himalaya. Warna nya pun sangat mencolok karena biasa nya garam ini berwarna pink. Dari segi mineral, garam ini sudah tidak perlu diragukan lagi karena mengandung 84 mineral yang ditemukan di tubuh manusia. Garam Himalaya ini bisa digunakan untuk Spa dan juga sebagai garam masak.

garam dapur pink himalaya

Garam Celtic

Garam Celtic atau dalam Bahasa Prancis nya 'sel gris' yang berarti Garam Abu-Abu adalah garam yang dihasilkan di Prancis. Garam ini dipanen dari dalam kolam di pantai di Prancis dan memiliki warna keabu-abuan. Garam Celtic ini sangat kaya akan mineral dari air laut. Namun dalam tingkat ke-asinan, garam ini masih sedikit di bawah garam meja / garam dapur. Ini karena tingkat konsentrasi Sodium Klorida yang lebih rendah dibandingkan garam meja / garam dapur.

garam dapur celtic

Wahana Persada Group sebagai distributor garam refined dan garam dapur / garam meja dapat membantu kamu jika kamu membutuhkan garam yang berkualitas tinggi. 

Silahkan mengunjungi link ini untuk melihat Garam Refined dan Garam Konsumsi (Garam Dapur) yang kami distribusikan.